Selasa, 16 Desember 2014



Materi 3                                                                                                         
Interaksi ( The Interaksi)

a.       Model – Model Interaksi
Bidang ilmu interaksi manusia dan computer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendisain , mengevaluasi, dan mengimplementasikan system computer yang interaktif sehingga dapat digunakan oleh manusiadengan mudah.  Komunikasi 2 arah antara manusia ( user) dan system computer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan stimulat dan respon (aksi dan reaksi) yang saling mendukung , jika salah satu tidak bisa maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkankan pembiasaan tujuan .
            Manusia pada umumnya tidak pernah tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan kedalam kotak cpu melalui keyboard.Manusia selalu berfokus pada monitor / printer sebagai keluaran. Manusia baru menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antar muka yang kurang inovatif , kurang menarik, kurang komunikatif. Interaksi bisa dikatakan dialog antara user dengan computer.
Model atau jenis interaksi antara lain :
1.    Comand Line Interface ( Perintah baris tunggal)                                              contoh : unix , linux ,dos
2.    Menu (menu daftar dan menu tarik)                                                                           contoh : hamper semua software menggunakan menu
3.    Natural Langgue (bahasa alami)                                                                                  contoh : bahasa pemograman yang terstruktur
4.    Question / answare and query dialogue                                                                      contoh : Msql , data base interaktif
5.    Form – fills and spreadsheets                                                                                      contoh : Excel , lotus
6.    WIMP
·         Windows Icon Menu Pointer
·         Windows Icon Mouse Pulldown Menu
Yang termasuk komponen WIMP : button, dialogue boxes , palletes
b.      Ergonomi
Faktor ergonomic atau faktor kenyamanan kerja secara umum kaitannya dengan keadaan lingkungan sekitar kita. Baik dari segi pencahayaan kualitas udara sekitar tempat kita bekerja ,gangguan suara atau bising dan termasuk kesehatan badan kita juga sangat berpengaruh terhadap proses kerja kita pada sebuah system computer.
c.       Tipe Interaksi
1.      Embodied interaction
Yaitu interaksi yang menggunakan gerakan tubuh untuk memberikan input ke computer , seperti gerakan tangan atau yang lain tanpa menggunakan mouse atau keyboard. Misalnya pada film minority report
2.      3D Virtual Reality
Interaksi yang memberikan bentuk seolah user benar – benar berada di dalam computer atau perwujudan interaksi dunia nyata dibentuk kedalam dunia maya, misalnya pada permainan The Sim2
3.      Sensing affect
Membantu manusia dalam melakukan aktivitas sehari – hari sesuai dengan keadan lingkungan . misalnya merasakan suhu, suara , melihat lingkungan dan sebagainya.
4.      Sensor network
Suatu sensor yang diletakkan pada tempat yang jauh dari computer serta bisa mendeteksi penglihatan dan suara yang ada di sekitar lingkungan.
5.      Cyborg
Komputer mini yang dimasukkan kedalam suatu robot dan dapat berfungsi sebagai mana mestinya anggota tubuh manusia.
d.      Konteks Interaksi
Didalam konteks imk, suatu piranti memungkinkan suatu komunikasi antara manusia dan computer melalui beberapa saluran komunikasi, diantaranya :
·         Piranti Input (bagi komputer)             : misalkan keyboard, mouse
·         Piranti Output (dari computer)           : misalkan tampilan monitor , speaker , dll
A.    Piranti Masukan Tekstual
Merupakan piranti masukan standar yang dijumpai pada semua computer. Keyboard merupakan piranti terbaik untuk inputan berbentuk teks.
B.     Piranti Petunjuk dan Pengambilan
Piranti interaktif yang digunakan untuk menunjuk atau menempatkan kursor pada suatu posisi pada layar tampilan dan untuk mengambil suatu item informasi untuk di pindah ketempat lain.Secara ringkas piranti – piranti petunjuk mempunyai tugas interaktif seperti pemilihan, penempatan , orientasi, jalur, kuantasi, dan tekstual.
C.     Panel Sensitif Sentuhan
Piranti interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidak adanya  sentuhan tangan dan stylus (alat sentuh) langsung kelayar komputer.
D.    Pengolahan Tampilan
Pengolahan tampilan atau video display adapter adalah bagian yang mengubah  pola bit dari pengigat digital menjadi tegangan analog, yang selanjutnya akan membangkitkan electron yang di gunakan untuk menembak fosfor pada layar tampilan.
E.     Pengaruh Piranti Interaktif
Pemakai sebuah computer biasanya akan berlangsung dalam waktu berorde jam, terutama bagi mereka yang menggunakan komputer sebagai alat bantu kerja utama.kita semua akan setuju bahwa komputer merupakan alat bantu kerja yang sangat canggih dan dapat menguragi rutinitas yang sering dijumpai oleh para pegawai kantor atau siapapu juga.Agar piranti interaktif dapat meningkatkan efisiensi operator , maka ia harus ditempatka pada posisi yang memperhatikan factor kenyamna lingkungan kerja atau yang lebih dikenal dengan faktor  ergonomik.

0 komentar:

Posting Komentar

jam

Profil

Blog Archive

SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA

Popular Posts

Album Blog