Materi 3
Interaksi ( The Interaksi)
a.
Model –
Model Interaksi
Bidang ilmu
interaksi manusia dan computer adalah ilmu yang mempelajari tentang bagaimana mendisain
, mengevaluasi, dan mengimplementasikan system computer yang interaktif
sehingga dapat digunakan oleh manusiadengan mudah. Komunikasi 2 arah antara manusia ( user) dan
system computer.
Interaksi menjadi maksimal apabila kedua belah pihak mampu memberikan
stimulat dan respon (aksi dan reaksi) yang saling mendukung , jika salah satu
tidak bisa maka interaksi akan mengalami hambatan atau bahkankan pembiasaan
tujuan .
Manusia pada umumnya tidak pernah
tahu apa yang terjadi pada saat data dimasukkan kedalam kotak cpu melalui
keyboard.Manusia selalu berfokus pada monitor / printer sebagai keluaran.
Manusia baru menyadari proses interaksi tersebut saat menemukan masalah dan
tidak menemukan solusi pemecahannya. Biasanya manusia menyalahkan antar muka yang
kurang inovatif , kurang menarik, kurang komunikatif. Interaksi bisa dikatakan
dialog antara user dengan computer.
Model atau jenis interaksi antara lain :
1.
Comand
Line Interface ( Perintah baris tunggal)
contoh : unix , linux ,dos
2.
Menu
(menu daftar dan menu tarik) contoh
: hamper semua software menggunakan menu
3.
Natural
Langgue (bahasa alami) contoh
: bahasa pemograman yang terstruktur
4.
Question
/ answare and query dialogue contoh
: Msql , data base interaktif
5.
Form –
fills and spreadsheets contoh
: Excel , lotus
6.
WIMP
·
Windows
Icon Menu Pointer
·
Windows
Icon Mouse Pulldown Menu
Yang termasuk komponen WIMP : button,
dialogue boxes , palletes
b.
Ergonomi
Faktor ergonomic atau faktor kenyamanan kerja
secara umum kaitannya dengan keadaan lingkungan sekitar kita. Baik dari segi
pencahayaan kualitas udara sekitar tempat kita bekerja ,gangguan suara atau
bising dan termasuk kesehatan badan kita juga sangat berpengaruh terhadap
proses kerja kita pada sebuah system computer.
c.
Tipe
Interaksi
1.
Embodied
interaction
Yaitu interaksi yang menggunakan gerakan tubuh untuk memberikan input ke
computer , seperti gerakan tangan atau yang lain tanpa menggunakan mouse atau
keyboard. Misalnya pada film minority report
2.
3D
Virtual Reality
Interaksi yang memberikan bentuk seolah user benar – benar berada di
dalam computer atau perwujudan interaksi dunia nyata dibentuk kedalam dunia
maya, misalnya pada permainan The Sim2
3.
Sensing
affect
Membantu manusia dalam melakukan aktivitas sehari – hari sesuai dengan keadan
lingkungan . misalnya merasakan suhu, suara , melihat lingkungan dan
sebagainya.
4.
Sensor
network
Suatu sensor yang diletakkan pada tempat yang jauh dari computer serta
bisa mendeteksi penglihatan dan suara yang ada di sekitar lingkungan.
5.
Cyborg
Komputer mini yang dimasukkan kedalam suatu robot dan dapat berfungsi
sebagai mana mestinya anggota tubuh manusia.
d.
Konteks
Interaksi
Didalam konteks imk, suatu piranti
memungkinkan suatu komunikasi antara manusia dan computer melalui beberapa
saluran komunikasi, diantaranya :
·
Piranti
Input (bagi komputer) :
misalkan keyboard, mouse
·
Piranti
Output (dari computer) :
misalkan tampilan monitor , speaker , dll
A.
Piranti
Masukan Tekstual
Merupakan piranti masukan standar yang dijumpai pada semua computer.
Keyboard merupakan piranti terbaik untuk inputan berbentuk teks.
B.
Piranti
Petunjuk dan Pengambilan
Piranti interaktif yang digunakan untuk menunjuk atau menempatkan kursor
pada suatu posisi pada layar tampilan dan untuk mengambil suatu item informasi
untuk di pindah ketempat lain.Secara ringkas piranti – piranti petunjuk
mempunyai tugas interaktif seperti pemilihan, penempatan , orientasi, jalur,
kuantasi, dan tekstual.
C.
Panel
Sensitif Sentuhan
Piranti interaktif yang bekerja dengan cara mendeteksi ada tidak
adanya sentuhan tangan dan stylus (alat
sentuh) langsung kelayar komputer.
D.
Pengolahan
Tampilan
Pengolahan tampilan atau video display adapter adalah bagian yang
mengubah pola bit dari pengigat digital
menjadi tegangan analog, yang selanjutnya akan membangkitkan electron yang di
gunakan untuk menembak fosfor pada layar tampilan.
E.
Pengaruh
Piranti Interaktif
Pemakai sebuah computer biasanya akan berlangsung dalam waktu berorde
jam, terutama bagi mereka yang menggunakan komputer sebagai alat bantu kerja
utama.kita semua akan setuju bahwa komputer merupakan alat bantu kerja yang
sangat canggih dan dapat menguragi rutinitas yang sering dijumpai oleh para
pegawai kantor atau siapapu juga.Agar piranti interaktif dapat meningkatkan
efisiensi operator , maka ia harus ditempatka pada posisi yang memperhatikan
factor kenyamna lingkungan kerja atau yang lebih dikenal dengan faktor ergonomik.
0 komentar:
Posting Komentar